Review Kegiatan Training Organization HIMADIGSAR 2023 

Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Madiun mengadakan acara Training Organization yang diikuti oleh 41 pengurus HIMADIGSAR secara luring yang bertempat di kampus 2 lantai 3 ruangan B301-B302 Universitas PGRI Madiun, dengan tema “Membangun Kebersamaan yang Bersolidaritas, Responsif, Bermoral dan Bertanggungjawab untuk Organisasi yang Hebat”. Acara Training Organization ini merupakan salah satu program kerja dari divisi PSDM, dan diperuntukkan kepada seluruh pengurus HIMADIGSAR khususnya periode 2023.

Acara Training Organization pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di luar kampus, pada tahun ini hanya dilaksanakan di kampus tetapi tidak berpengaruh terhadap semangat para pengurus HIMADIGSAR. Sebagai mahasiswa yang sadar akan peran dan fungsinya dalam berorganisasi, tentu membuat kita sebagai mahasiswa perlu mempersiapkan diri untuk membangun kualitas sebagai aktor penerus perubahan. Training Organization ini diadakan sebagai sarana dalam membentuk dan mempersiapkan calon pengurus di masa yang akan datang. Dengan harapan secara spesifik mampu membantu mempersiapkan pengurus yang kredibel dan bertanggung jawab akan peranannya.

Pada hari jumat tanggal 17 Maret 2023 berlangsungnya acara Training Organization yang dilaksanakan hanya satu hari, dimulai pada pukul 07.00-17.30 WIB. Adapun Master of Ceremony (MC) pada acara kali ini adalah Melani Dyah pengurus HIMADIGSAR angkatan 2023. Ketua pelaksana, Andita Feby Nurcahyanti turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau berharap dengan diadakannya kegiatan Training Organization ini akan memberikan wawasan untuk pengurus HIMADIGSAR dalam menjalankan beberapa program kerja yang akan dikerjakan bersama- sama dalam 1 periode kedepan dan dapat menjalin solidaritas dan tanggungjawab dengan sesama rekan pengurus.

Adapun Training Organization ini dibuka oleh Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ibu Dr. Endang Sri Maruti, S.Pd., M.Pd dan dalam sambutannya beliau mengharapkan agar acara ini bisa berjalan dengan baik dan berpesan kepada peserta agar dapat menimba ilmu yang tentu akan mendukung acara dari Prodi serta selalu bertanggung jawab penuh terhadap Organisasi HIMADIGSAR ini.

Setelah acara resmi dibuka oleh Kaprodi masuklah kepada acara inti Training Organization. Materi pertama yakni pengenalan hima dibawakan oleh Ketua umum dan Wakil HIMADIGSAR Periode 2023, Dyo Ilham Alif Utomo dan Arnike Sulistya. Seperti biasa terdapat sesi pemaparan materi dan tanya jawab dan setelah selesai dilanjutkan materi kedua yakni Kepemimpinan yang dibawakan oleh kak Arnanda Setyoko, S.Ak beliau merupakan salah satu guru di SMK Cendekia Madiun, Materi yang dibawakan oleh beliau sangat memotivasi peserta dan memberikan semangat lebih karena didalam menyampaikan materi beliau juga menyisipkan game agar para peseta tidak bosan dam mengantuk, beliau juga menyampaikan bahwa kualitas pemimpin yang baik dapat dilihat dari cara berfikir, bersikap dan bertindak yang tidak lupa dengan 3 kalimat penting (Tolong, Maaf, Terimakasih).

Pada acara selanjutnya yaitu makrab, seluruh pengurus HIMADIGSAR dibentuk menjadi 5 kelompok yang masing- masing terdapat 8-9 anggota dan pada acara tersebut dipimpin oleh ketua umum, ketua panitia, dan sie acara. Didalam makrab terdapat beberapa game seperti tebak kata yang dimenangkan oleh kelompok 2, kursi panas yang dimenangkan kelompok 3, dan estafet tali yang dimenangkan kelompok 5. Game tersebut diikuti oleh seluruh pengurus HIMADIGSAR dengan semangat yang tinggi dan selalu menjalin kekompakkan di kelompok masing- masing. Setelah pemaparan serta makrab selesai, diadakan sesi foto bersama yang dipandu oleh moderator (Rizka Rahmawati). Terakhir, dalam acara Training Organization ini di tutup oleh MCdan melakukan evaluasi bersama.