Workshop PKM AI-GT Program Studi PGSD Tahun 2017 

Workshop PKM AI-GT merupakan workshop kedua PKM setelah 5 bidang yang dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan DIKTI. Workshop ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam pembuatan proposal PKM khususnya memberikan arahan dan wawasan tentang apa itu PKM AI-GT juga mempermudah mahasiswa PGSD dalam membuat  PKM AI-GT .

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa perwakilan dari setiap kelas dari seluruh mahasiswa PGSD semester 1, 3 dan 5. Meskipun hanya beberapa saja mahasiswa yang mengikuti kegiatan workshop ini pada dasarnya seluruh mahasiswa PGSD wajib membuat PKM AI-GT. Workshop kali ini bertemakan “Think it, Write it, Do it“, dengan mengambil tema tersebut diharapkan mahasiswa akan lebih menyadari betapa pentingnya menulis untuk sebuah perubahan, dengan menulis mahasiwa berfikir untuk menemukan solusi dari masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar dan menerapkan solusi tersebut.

Setiap tahun, workshop ini diadakan 2 kloter karena mahasiswa PGSD yang cukup banyak dan tidak memungkinkan jika diadakan dalam satu waktu saja. Kloter pertama  dimulai dari sekitar pukul 09.00-12.00 dan untuk kloter kedua dimulai pukul 12.30-15.30. Pada setiap kloternya diawali dengan registrasi peserta dan pembagian snack dilanjutkan dengan pembukaan acara yang dibuka langsung oleh Ketua Prodi PGSD serta sambutan-sambutan dari Ketua Umum Himadigsar dan Ketua Panitia kegiatan. Acara selanjutnya adalah acara inti yang dimulai dengan pemberian materi oleh dosen. Pada acara inti ini dosen memberikan materi tentang PKM AI-GT  dan memberikan kesempatan kepada  mahasiswa untuk bertanya. Beberapa pemaparan materi oleh dosen diantaranya: bagaimana tata cara penulisan dan pembuatan judul PKM AI-GT yang baik dan berpotensi lolos.

Disetiap kloter, beberapa dosen akan membimbing mahasiswa pada proses klinis. Pada proses klinis ini mahasiswa diwajibkan membawa draft PKM AI-GT masing-masing untuk dikonsultasikan pada dosen pembimbing. Proses klinis ini dilakukan untuk mereview PKM AI-GT yang telah dibuat oleh mahasiswa oleh dosen pembimbing. Setelah serangkaian acara workshop selesai, masing-masing mahasiswa diminta untuk merevisi PKM AI-GT sesuai saran dosen pembimbing. Setelah proses revisi selesai, berkas  PKM AI-GT dikumpulkan kembali di secretariat HIMADIGSAR untuk direkap dan dilanjutkan proses PKM sampai pengauploadan.